Show simple item record

dc.contributor.advisorWibowo, Rudi
dc.contributor.advisorRondh, M.
dc.contributor.authorRahayu, Suci
dc.date.accessioned2018-05-07T02:53:00Z
dc.date.available2018-05-07T02:53:00Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.nimNIM 131510601125
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85706
dc.description.abstractNanas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah salah satu produk hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sebagai komoditas unggulan di Indonesia. Kabupaten Kediri merupakan sentra produksi nanas terbesar di Jawa Timur dan Kecamatan Ngancar dengan produksi tertinggi sehingga kegiatan pemasaran terpusat di lokasi ini. Petani sebagai produsen hanya sebagai penerima harga. Posisi petani lemah karena permodalan kurang dan nanas dapat dipanen minimal limabelas bulan membuat petani melakukan peminjaman modal dan terlibat sistem ijon. Agroindustri berbahan baku nanas belum dikembangkan menjadikan nanas banyak didistribusikan ke luar kota menjadikan panjangnya saluran pemasaran. Hal ini berdampak pada tingginya margin pemasaran dan rendahnya penerimaan produsen. Harga nanas yang diterima petani dengan harga yang dibayarkan konsumen menunjukkan adanya perbedaan harga yang tinggi. Serta penurunana harga di tingkat produsen tidak diimbangi dengan penurunan harga di tingkat konsumen justru harga di tingkat konsumen mengalami kenaikan. Penelitian di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri bertujuan untuk mengetahui: 1).Struktur pasar pada pemasaran nanas 2).Perilaku pasar pada pemasaran nanas 3).Kinerja Pasar pada pemasaran nanas. Pengambilan contoh di tingkat petani menggunakan random sampling dan didapatkan responden sebanyak 40 petani nanas. Pengambilan contoh di tingkat lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan 40 petani nanas dan data sekunder berupa data harga mingguan dan bulanan nanas di tingkat produsen dan konsumen sejak bulan Januari 2012- Agustus 2017. Data yang diperoleh ini kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Structure Conduct Performance (SCP) dengan beberapa alat analisis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOMODITAS NANASen_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN KOMODITAS NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) BERBASIS STRUCTURE CONDUCT PERFORMANCE (SCP) DI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record