HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Prestasi belajar merupakan sebuah hasil yang dilakukan mahasiswa dalam
pencapaian suatu pembelajaran yang dapat dilihat dengan nilai atau angka.
Prestasi belajar merupakan suatu tolak ukur kemampuan mahasiswa selama proses
pembelajaran. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor
eksternal. Mendapatkan hasil belajar yang optimal dapat dilakukan dengan
mengkaji faktor apa saja yang dapat mempengaruhi prestasi belajar pada
mahasiswa keperawatan. Manajemen waktu diperlukan oleh mahasiswa dalam
melakukan suatu perencanaan, penjadwalan dan melaksanakan. Mengelola waktu
dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan manajemen waktu
dengan prestasi belajar mahasiswa keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Sampel 256
mahasiswa keperawatan Universitas Jember mulai dari angkatan 2014, 2015 dan
2016. Tekhnik sampling yang digunakan pada penelitian ini stratified random
sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan karakteristik responden,
kuesioner manajemen waktu dan data primer IPK mahasiswa. Uji statistik yang
digunakan adalah spearman rank dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil analisis data didapatkan, 136 responden (53,1%) memiliki
manajemen waktu yang baik dan 120 responden (46,9%) memiliki manajemen
waktu yang kurang baik. Diketahui pula kategori prestasi belajar.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]