• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG PADA SISWA KELAS V SDN KRANJINGAN 05 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Silvia Ade Irawan - 140210204101.pdf SDH.pdf (3.366Mb)
    Date
    2018-05-07
    Author
    Irawan, Silvia Ade
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) salah satunya adalah memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Berdasarkan tujuan yang diuraikan tersebut, maka seharusnya siswa jenjang SD mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Soal-soal pemecahan masalah matematika biasa dikemas dalam bentuk soal cerita. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang, masih banyak siswa kelas V SD yang belum bisa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Berapakah persentase masing-masing jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember; 2) Apakah faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang diketahui dari jawaban tes. Kemudian jawaban dari hasil tes dihitung persentase masing-masing kesalahan yang dilakukan siswa. Setelah diperoleh data hasil persentase masing-masing kesalahan yang dilakukan siswa, maka data tersebut dianalisis sesuai dengan kesalahan yang dilakukan, kemudian dicari faktor penyebab dari kesalahan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85700
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository