ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG PADA SISWA KELAS V SDN KRANJINGAN 05 JEMBER
Abstract
Tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) salah satunya adalah memecahkan masalah yang meliputi
kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Berdasarkan tujuan yang diuraikan
tersebut, maka seharusnya siswa jenjang SD mampu menyelesaikan soal
pemecahan masalah matematika. Soal-soal pemecahan masalah matematika biasa
dikemas dalam bentuk soal cerita. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang,
masih banyak siswa kelas V SD yang belum bisa menyelesaikan soal pemecahan
masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: 1) Berapakah persentase masing-masing jenis kesalahan
dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas trapesium dan
layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember; 2) Apakah faktor
penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan luas
trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kranjingan 05
Jember semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa di kelas tersebut
adalah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.
Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok
bahasan luas trapesium dan layang-layang diketahui dari jawaban tes. Kemudian
jawaban dari hasil tes dihitung persentase masing-masing kesalahan yang
dilakukan siswa. Setelah diperoleh data hasil persentase masing-masing kesalahan
yang dilakukan siswa, maka data tersebut dianalisis sesuai dengan kesalahan yang
dilakukan, kemudian dicari faktor penyebab dari kesalahan.