Show simple item record

dc.contributor.advisorWidjajanti, Anita
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorKustanto, Rendra Puspa
dc.date.accessioned2018-05-07T00:42:25Z
dc.date.available2018-05-07T00:42:25Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.nimNIM 100210402027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85693
dc.description.abstractKarya sastra yang ditulis pengarang mengandung nilai-nilai yang disampaikan kepada para penikmat karya sastra, salah satu diantaranya adalah nilai moral ketertarikan peneliti terhadap nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Totto-Chan dikarenakan walaupun dikemukakakan oleh tokoh yang masih memiliki usia dini tetapi sudah bisa mencakup nilai moral yang religius. Rumusan permasalahan 1) Bagaimanakah nilai moral tokoh utama yang terdapat dalam novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela? 2) bagaimana pemanfaatan nilai moral novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela untuk materi apresiasi sastra di SMA? Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian kualitatif karena data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yang dapat diartikan dalam bentuk setiap, kalimat, dan paragraf yang mengungkapkan nilai-nilai moral dalam novel “Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela”. Data diambil dengan teknik dokumentasi dengan membaca secara berulang-ulang, reduksi data, analisis data serta penarikan kesimpulan . Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuronayagi dan diterbitkan oleh PT Gramedia pustaka utama tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa nilai moral yang diklasifikasikan sesuai dengan penggolongan nilai moral menurut Nurgiyantoro. Nilai moral yang pertama yaitu nilai moral hubungan dengan diri sendiri, meliputi sabar, bertanggung jawab, tidak berputus asa, kerja keras, ingin tahu berlebihan, jujur, berani, dan tidak pendendam, dengan memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan akan membahayakan diri sendiri dan sikap pemberani akan membuat seseorang akan mampu hidup mandiri. Nilai moral yang kedua yaitu hubungan manusia dengan sesama yaitu suka menolong, bermusyawarah, kasih sayang, peduli, dan suka memberi, dengan membantu sesama serta menolong dapat membahagiakan orang lain dan diri sendiri serta membantu seseorang mendapatkan kesuksesan. Nilai moral ketiga yaitu hubungan manusia dengan alam meliputi memelihara dan memanfaatkannya, memelihara alam dan memanfaatkan alam menjadikan alam terjaga dan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia. Nilai moral yang terakhir yaitu. Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yaitu percaya akan Tuhan, dan berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan dengan percaya dan berdoa menjadikan seseorang menjadi peka terhadap sekitarmya. Pemanfaatan sebagai alternatif pembelajaran dapat di terapkan sesuai dengan KD dan SK yang sesuai dengan materi..en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNILAI MORAL NOVELen_US
dc.titleNILAI MORAL NOVEL “TOTTO-CHAN GADIS CILIK DI JENDELA” KARYA TETSUKO KUROYANAGI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRA BAHASA INDONESIAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record