NILAI MORAL NOVEL “TOTTO-CHAN GADIS CILIK DI JENDELA” KARYA TETSUKO KUROYANAGI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRA BAHASA INDONESIA
Abstract
Karya sastra yang ditulis pengarang mengandung nilai-nilai yang disampaikan kepada
para penikmat karya sastra, salah satu diantaranya adalah nilai moral ketertarikan peneliti
terhadap nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Totto-Chan dikarenakan walaupun
dikemukakakan oleh tokoh yang masih memiliki usia dini tetapi sudah bisa mencakup nilai
moral yang religius. Rumusan permasalahan 1) Bagaimanakah nilai moral tokoh utama yang
terdapat dalam novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela? 2) bagaimana pemanfaatan nilai
moral novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela untuk materi apresiasi sastra di SMA?
Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian kualitatif karena data yang dihasilkan
dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yang dapat diartikan dalam bentuk setiap, kalimat,
dan paragraf yang mengungkapkan nilai-nilai moral dalam novel “Totto-Chan Gadis Cilik di
Jendela”. Data diambil dengan teknik dokumentasi dengan membaca secara berulang-ulang,
reduksi data, analisis data serta penarikan kesimpulan . Sumber data dalam penelitian ini
adalah novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuronayagi dan diterbitkan
oleh PT Gramedia pustaka utama tahun 2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa nilai moral yang diklasifikasikan sesuai
dengan penggolongan nilai moral menurut Nurgiyantoro. Nilai moral yang pertama yaitu
nilai moral hubungan dengan diri sendiri, meliputi sabar, bertanggung jawab, tidak berputus
asa, kerja keras, ingin tahu berlebihan, jujur, berani, dan tidak pendendam, dengan memiliki
rasa ingin tahu yang berlebihan akan membahayakan diri sendiri dan sikap pemberani akan
membuat seseorang akan mampu hidup mandiri. Nilai moral yang kedua yaitu hubungan
manusia dengan sesama yaitu suka menolong, bermusyawarah, kasih sayang, peduli, dan
suka memberi, dengan membantu sesama serta menolong dapat membahagiakan orang lain
dan diri sendiri serta membantu seseorang mendapatkan kesuksesan. Nilai moral ketiga yaitu
hubungan manusia dengan alam meliputi memelihara dan memanfaatkannya, memelihara
alam dan memanfaatkan alam menjadikan alam terjaga dan lebih bermanfaat bagi kehidupan
manusia. Nilai moral yang terakhir yaitu. Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yaitu
percaya akan Tuhan, dan berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan dengan percaya dan berdoa
menjadikan seseorang menjadi peka terhadap sekitarmya. Pemanfaatan sebagai alternatif
pembelajaran dapat di terapkan sesuai dengan KD dan SK yang sesuai dengan materi..