• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED MODEL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

    Thumbnail
    View/Open
    Linda Kusumawardani - 160220101009.pdf SDH.pdf (3.263Mb)
    Date
    2018-05-04
    Author
    Kusumawardani, Linda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika yang berlangsung saat ini bersifat prosedural, Siswa belum terbiasa untuk menyelesaikan soal nonrutin sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan pemecahan masalah matematis mereka belum terlatih. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang dicapai siswa Indonesia dalam PISA masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan guna mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah dengan cara mengetahui bagaimana proses berpikir siswa ketika menyelesaikan pemecahan masalah baik masalah terbuka maupun tertutup dengan empat tahap pemecahan masalah Polya. Pada setiap langkah penyelesaian dari Polya, seseorang akan mengalami proses berpikir yang didasarkan pada kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Seseorang dapat memecahkan suatu masalah dengan baik apabila didukung oleh kemampuan menghadapi rintangan yang baik pula karena tidak semua orang memiliki kemampuan berpikir yang sama. Dari sinilah Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peran penting dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VIII-C SMP Negeri 2 Jember dalam memecahkan masalah terbuka (open-ended) model PISA konten Space and Shape dengan berbagai kemungkinan jawaban benar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah terbuka, pedoman wawancara, serta lembar validasi tes dan lembar validasi pedoman wawancara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85671
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository