PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK MENGEMBANGKAN E-LEARNING UNIVERSITAS JEMBER BERBASIS MOBILE
Abstract
Aspek usability mengacu pada sudut pandang pengguna saat menggunakan
dan memanfaatkan suatu produk. Penggunaan metode yang kurang tepat pada
pengembangan desain suatu aplikasi akan berdampak pada besarnya jumlah
permintaan untuk memodifikasi produk setelah produk selesai dikerjakan. Masalah
pemilihan metode yang kurang tepat pada pengembangan desain biasanya terjadi
pada aplikasi berbasis Graphical User Interface (GUI), E-commerce websites,
mobile services, dan juga teknologi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. Elearning
merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat sebagai sistem
pembelajaran jarak jauh yang memberikan ragam solusi di mana Internet sebagai
medianya (Bahtiar, 2013). Didukung dengan memanfaatkan kehadiran
perkembangan teknologi bernama smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk
mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya smartphone, pelajar akan
lebih mudah mengakses materi pembelajaran, dan pengajar juga lebih mudah dalam
membagikan materi yang akan diajarkan. Untuk mendukung usaha memperoleh
tingkat kepuasan pengguna tanpa meninggalkan tujuan khusus dari pembuatan
aplikasi itu sendiri dapat diterapkan sebuah metode User Centered Design (UCD).
UCD merupakan metode yang mengacu pendekatan kepada keinginan user.
Dengan penerapan metode ini user akan merasa puas dan nyaman saat berinteraksi
dengan sistem. Berdasarkan pada konsep dari metode UCD dan permasalahan yang
terjadi pada e-learning khususnya aplikasi E-Learning Universitas Jember maka
dapat dilihat bahwa metode UCD cocok untuk diterapkan dalam pengembangan
aplikasi e-learning Universitas Jember berbasis mobile (M-Learning) dengan
tujuan untuk lebih memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran
di Universitas Jember.