Show simple item record

dc.contributor.advisorDinawati Trapsilasiwi
dc.contributor.advisorErfan Yudianto
dc.contributor.authorRusdiyana, Erine
dc.date.accessioned2018-04-25T03:03:09Z
dc.date.available2018-04-25T03:03:09Z
dc.date.issued2018-04-25
dc.identifier.nim140210101086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85569
dc.description.abstractPembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki beberapa kelebihan yaitu dalam penggunaan waktu yang di atur dengan relatif ketat sehingga banyak materi yang dapat tersampaikan pada siswa dan banyak latihan sehingga siswa terampil dalam menyelesaikan berbagai macam soal, serta sangat menekankan kemandirian belajar siswa melalui pemberian pekerjaan rumah dengan harapan dapat membiasakan siswa untuk memecahkan permasalahan matematika, sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa. Media permainan merupakan sarana atau alat yang menyenangkan dalam proses pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran MMP dengan media permainan pada pokok bahasan Persamaan Garis Lurus terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2017. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa di kelas eksperimen maupun kelas kontrol setelah proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa yang diukur adalah hanya pada sub pokok bahasan gradien garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain Posttestonly control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuglugur tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang mendapatkan perlakuan pembelajaran MMP dengan media permainan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang mendapatkan perlakuan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah lembar soal dan lembar observasi. Instrumen pembelajaran yang digunakan yaitu rubrik penilaian dan RPP. Data dalam penelitian ini sudah berdistribusi normal dengan nilai signifikan > 0,05 dan homogen dengan nilai 0,770 > 0,05. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan Uji T (One-Sample Test) diperoleh thitung > ttabel (3,416 > 2,060) dan p-value (0,002 ˂ 0,025) maka H0 ditolak, artinya bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media permainan efektif terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, berdasarkan tabel One-Sample Statistics terlihat rata-rata (mean) nilai THB di kelas eksperimen adalah 84,89 dan untuk kelas kontrol adalah 74,00, artinya bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media permainan lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMissouri Mathematics Project (MMP)en_US
dc.subjectPersamaan Garis Lurusen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MEDIA PERMAINAN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUSen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record