EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MEDIA PERMAINAN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki beberapa
kelebihan yaitu dalam penggunaan waktu yang di atur dengan relatif ketat
sehingga banyak materi yang dapat tersampaikan pada siswa dan banyak latihan
sehingga siswa terampil dalam menyelesaikan berbagai macam soal, serta sangat
menekankan kemandirian belajar siswa melalui pemberian pekerjaan rumah
dengan harapan dapat membiasakan siswa untuk memecahkan permasalahan
matematika, sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa. Media permainan
merupakan sarana atau alat yang menyenangkan dalam proses pembelajaran untuk
mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran MMP dengan media permainan pada
pokok bahasan Persamaan Garis Lurus terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2017. Variabel
yang diukur dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa di kelas eksperimen
maupun kelas kontrol setelah proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar
siswa yang diukur adalah hanya pada sub pokok bahasan gradien garis lurus.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain Posttestonly
control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Banyuglugur tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
VIII A yang mendapatkan perlakuan pembelajaran MMP dengan media
permainan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang mendapatkan
perlakuan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian
ini adalah lembar soal dan lembar observasi. Instrumen pembelajaran yang
digunakan yaitu rubrik penilaian dan RPP. Data dalam penelitian ini sudah berdistribusi normal dengan nilai signifikan > 0,05 dan homogen dengan nilai
0,770 > 0,05.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat
disimpulkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan Uji T (One-Sample
Test) diperoleh thitung > ttabel (3,416 > 2,060) dan p-value (0,002 ˂ 0,025) maka H0
ditolak, artinya bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
dengan media permainan efektif terhadap hasil belajar siswa. Selain itu,
berdasarkan tabel One-Sample Statistics terlihat rata-rata (mean) nilai THB di
kelas eksperimen adalah 84,89 dan untuk kelas kontrol adalah 74,00, artinya
bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil
belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri
Mathematics Project (MMP) dengan media permainan lebih efektif daripada
pembelajaran konvensional.