Show simple item record

dc.contributor.advisorWidjajanti, Anita
dc.contributor.advisorMuji
dc.contributor.authorMaulidia, Ayu
dc.date.accessioned2018-04-23T02:01:28Z
dc.date.available2018-04-23T02:01:28Z
dc.date.issued2018-04-23
dc.identifier.nim130210402038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85531
dc.description.abstractInstagram memberikan informasi mengenai banyak hal termasuk produk yang dihasilkan oleh produsen. Informasi mengenai suatu produk lebih dikenal dengan istilah iklan. Melalui iklan produsen mengenalkan produknya kepada masyarakat luas selaku konsumen. Bahasa dalam iklan bertujuan untuk menarik calon konsumen agar menggunakan produk yang diiklankan. Untuk memahami maksud iklan perlu dikaji mengenai struktur, teknik persuasi dan fungsi bahasa dalam iklan. Kajian dalam penelitian ini terdiri atas tiga rumusan masalah, yaitu mengenai (1) struktur iklan obat-obatan di Instagram; (2) teknik persuasi iklan obat-obatan di instgram, dan (3) fungsi bahasa iklan obat-obatan di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) struktur iklan obat-obatan di Instagram; (2) teknik persuasi iklan obat-obatan di Instagram; (3) fungsi bahasa iklan obat-obatan di Instagram. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskirptif. Data dalam penelitian ini berupa teks wacana (verbal & visual) kata-kata, kalimat, dan gambar dalam wacana iklan produk obat-obatan di Instagram. Sumber data dalam penelitian ini wacana iklan produk obat-obatan di Instagram. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif evaluatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu mereduksi data, pengkodean, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur iklan obat-obatan terdiri atas butir utama, butir penjelas, dan butir penutup. Butir utama terdiri atas 5 proposisi yaitu; (a) kalimat yang memberikan keuntungan bagi calon konsumen; (b) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen; (c) proposisi yang berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih; (d) proposisi yang memberikan komando atau perintah kepada calon konsumen; (e) proposisi yang menarik perhatian konsumen khusus. Butir penjelas terdiri atas 3 proposisi yaitu: (a) proposisi alasan subjektif; (b) proposisi alasan objektif; (c) proposisi campuran alasan objektif dan subjektif. Butir penutup iklan dikembangkan dengan 4 teknik yaitu; (a) pengembangan dengan teknik keras dan lunak; (b) pengembangan dengan teknik lunak; (c) pengembangan dengan campuran teknik lunak dan butir pasif; (d) pengembangan dengan campuran teknik keras dan butir pasif. Teknik persuasi dalam wacana iklan obat-obatatan terdiri atas delapan teknik persuasi yaitu: (1) menempel (mendompleng); (2) mengelak (mengalihkan pesan); (3) membungkus (membangun citra positif); (4) perhatian (empati); (5) dengan hadiah dan tanpa hadiah (mengunggulkan produk); (6) menunjukkan hasil produk; (7) memberikan janji; dan (8) memperkecil jumlah produk. Fungsi bahasa dalam iklan obat-obatan di Instagram yaitu: (1) informasi; (2) persuasi; (3) mengingatkan; (4) mempercepat keputusan; (5) meneguhkan keputusan, dan (6) membangun citra. Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membelajarkan siswa tentang iklan, perlu mengembangkan materi pembelajarannya dengan mempertimbangkan proposisi proposisi pada struktur iklan. Bagi penelitian lanjutan untuk penelitian iklan terutama iklan produk obat perlu dipertimbangkan secara dalam mengenai konteks yang mendukung munculnya iklan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectMedia Sosial Instagramen_US
dc.titleWACANA IKLAN BERBAHASA INDONESIA PADA PRODUK OBAT-OBATAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAMen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record