• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    WACANA IKLAN BERBAHASA INDONESIA PADA PRODUK OBAT-OBATAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Maulidia.pdf (4.157Mb)
    Date
    2018-04-23
    Author
    Maulidia, Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Instagram memberikan informasi mengenai banyak hal termasuk produk yang dihasilkan oleh produsen. Informasi mengenai suatu produk lebih dikenal dengan istilah iklan. Melalui iklan produsen mengenalkan produknya kepada masyarakat luas selaku konsumen. Bahasa dalam iklan bertujuan untuk menarik calon konsumen agar menggunakan produk yang diiklankan. Untuk memahami maksud iklan perlu dikaji mengenai struktur, teknik persuasi dan fungsi bahasa dalam iklan. Kajian dalam penelitian ini terdiri atas tiga rumusan masalah, yaitu mengenai (1) struktur iklan obat-obatan di Instagram; (2) teknik persuasi iklan obat-obatan di instgram, dan (3) fungsi bahasa iklan obat-obatan di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) struktur iklan obat-obatan di Instagram; (2) teknik persuasi iklan obat-obatan di Instagram; (3) fungsi bahasa iklan obat-obatan di Instagram. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskirptif. Data dalam penelitian ini berupa teks wacana (verbal & visual) kata-kata, kalimat, dan gambar dalam wacana iklan produk obat-obatan di Instagram. Sumber data dalam penelitian ini wacana iklan produk obat-obatan di Instagram. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif evaluatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu mereduksi data, pengkodean, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur iklan obat-obatan terdiri atas butir utama, butir penjelas, dan butir penutup. Butir utama terdiri atas 5 proposisi yaitu; (a) kalimat yang memberikan keuntungan bagi calon konsumen; (b) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen; (c) proposisi yang berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih; (d) proposisi yang memberikan komando atau perintah kepada calon konsumen; (e) proposisi yang menarik perhatian konsumen khusus. Butir penjelas terdiri atas 3 proposisi yaitu: (a) proposisi alasan subjektif; (b) proposisi alasan objektif; (c) proposisi campuran alasan objektif dan subjektif. Butir penutup iklan dikembangkan dengan 4 teknik yaitu; (a) pengembangan dengan teknik keras dan lunak; (b) pengembangan dengan teknik lunak; (c) pengembangan dengan campuran teknik lunak dan butir pasif; (d) pengembangan dengan campuran teknik keras dan butir pasif. Teknik persuasi dalam wacana iklan obat-obatatan terdiri atas delapan teknik persuasi yaitu: (1) menempel (mendompleng); (2) mengelak (mengalihkan pesan); (3) membungkus (membangun citra positif); (4) perhatian (empati); (5) dengan hadiah dan tanpa hadiah (mengunggulkan produk); (6) menunjukkan hasil produk; (7) memberikan janji; dan (8) memperkecil jumlah produk. Fungsi bahasa dalam iklan obat-obatan di Instagram yaitu: (1) informasi; (2) persuasi; (3) mengingatkan; (4) mempercepat keputusan; (5) meneguhkan keputusan, dan (6) membangun citra. Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membelajarkan siswa tentang iklan, perlu mengembangkan materi pembelajarannya dengan mempertimbangkan proposisi proposisi pada struktur iklan. Bagi penelitian lanjutan untuk penelitian iklan terutama iklan produk obat perlu dipertimbangkan secara dalam mengenai konteks yang mendukung munculnya iklan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85531
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository