dc.description.abstract | Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang
terjadi dan bagaimana gejala alam tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran
fisika dibutuhkan ketelitian dan kemampuan berfikir logis karena dalam
pembelajaran fisika didasarkan pada hasil pengamatan dan juga aktivitas
pemecahan masalah. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran fisika adalah suatu proses mengajar yang dilakukan guru untuk
mempelari tentang berbagai gejala dan kejadian alam yang didasarkan oleh hasil
pengamatan yang disertai aktivitas pemecahan masalah. Pembelajaran fisika
membantu siswa untuk mengembangkan diri menjadi individu yang memiliki
sikap ilmiah, mampu memproses fenomena dan pengetahuan yang diperoleh serta
mampu memahami bagaimana fenomena-fenomena yang ada di sekitarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendreskripsikan tingkat
kesalahan siswa dalam memahami soal untuk menyelesaikan masalah pada pokok
bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya; (2) untuk mendreskripsikan
tingkat kesalahan siswa dalam menggunakan rumus fisika yang sesuai untuk
menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan
polya; (3) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam melakukan perhitungan
dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah
berdasarkan polya. (4) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam
menentukan kesimpulan dan perhitungan pada penyelesaikan masalah pada pokok
bahasan rangkaian arus searah berdasarkan Polya dan Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga SMA yang ada di
kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Arjasa Jember dan SMA Negeri 4 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 73 siswa yaitu 38 siswa dari kelas XII IPA 2
SMAN 1 Arjasa Jember dan 35 siswa dari kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Jember.
Penelitian dilaksanakan pada satu kelas dari tiap sekolah dengan ketentuan materi
tentang rangkaian arus searah sudah diajarkan di kelas tersebut. Pengamatan yang
dilakukan adalah hasil kerja siswa dan data yang terkumpul disusun dan dianalisa
dengan menghitung persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan persoalan rangkaian arus searah. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian sebanyak enam
soal yang diadaptasi dari soal Ujian Nasional. Tahap-tahap Polya pada pokok
bahasan Rangkaian Arus Searah adalah (1) memahami soal, (2) menggunakan
rumus fisika, (3) menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian, dan (4)
menentukan kesimpulan dan perhitungan. Hasil analisis data kesalahan siswa
dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah
berdasarkan polya. Pada data hasil tes yang dilakukan pada 38 siswa SMA Negeri
1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar
1,27 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam
melakukan kesalahan pada tahap memahami soal. Dan pada tahap kedua yaitu
menggunakan rumus fisika sejumlah 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35
siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 14,87 % dan dalam
kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan
kesalahan. Lalu pada tahap selanjutnya yaitu menyelesaikan langkah–langkah
penyelesaian 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4
Jember didapatkan rata-rata sebesar 12,25 % dan dalam kriteria menunjukkan
kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan. Dan pada tahap
yang terakhir yaitu menentukan kesimpulan dan perhitungan sejumlah 38 siswa
SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan ratarata
sebesar 41,65 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang
dominan dalam melakukan kesalahan | en_US |