• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH BERDASARKAN POLYA

    Thumbnail
    View/Open
    Anggraining Widiningtyas - 110210102084.bak.pdf (6.213Mb)
    Date
    2018-04-20
    Author
    Widiningtyas, Anggraining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang terjadi dan bagaimana gejala alam tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran fisika dibutuhkan ketelitian dan kemampuan berfikir logis karena dalam pembelajaran fisika didasarkan pada hasil pengamatan dan juga aktivitas pemecahan masalah. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika adalah suatu proses mengajar yang dilakukan guru untuk mempelari tentang berbagai gejala dan kejadian alam yang didasarkan oleh hasil pengamatan yang disertai aktivitas pemecahan masalah. Pembelajaran fisika membantu siswa untuk mengembangkan diri menjadi individu yang memiliki sikap ilmiah, mampu memproses fenomena dan pengetahuan yang diperoleh serta mampu memahami bagaimana fenomena-fenomena yang ada di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendreskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam memahami soal untuk menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya; (2) untuk mendreskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam menggunakan rumus fisika yang sesuai untuk menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya; (3) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam melakukan perhitungan dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya. (4) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam menentukan kesimpulan dan perhitungan pada penyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan Polya dan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga SMA yang ada di kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Arjasa Jember dan SMA Negeri 4 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 73 siswa yaitu 38 siswa dari kelas XII IPA 2 SMAN 1 Arjasa Jember dan 35 siswa dari kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Jember. Penelitian dilaksanakan pada satu kelas dari tiap sekolah dengan ketentuan materi tentang rangkaian arus searah sudah diajarkan di kelas tersebut. Pengamatan yang dilakukan adalah hasil kerja siswa dan data yang terkumpul disusun dan dianalisa dengan menghitung persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan persoalan rangkaian arus searah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian sebanyak enam soal yang diadaptasi dari soal Ujian Nasional. Tahap-tahap Polya pada pokok bahasan Rangkaian Arus Searah adalah (1) memahami soal, (2) menggunakan rumus fisika, (3) menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian, dan (4) menentukan kesimpulan dan perhitungan. Hasil analisis data kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya. Pada data hasil tes yang dilakukan pada 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 1,27 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan pada tahap memahami soal. Dan pada tahap kedua yaitu menggunakan rumus fisika sejumlah 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 14,87 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan. Lalu pada tahap selanjutnya yaitu menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 12,25 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan. Dan pada tahap yang terakhir yaitu menentukan kesimpulan dan perhitungan sejumlah 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan ratarata sebesar 41,65 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85523
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository