• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMANSI BERBASIS PROBLEM SOLVING KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP DAERAH PERKEBUNAN KOPI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yofin Aprilia Rizki - 130210103090_.pdf (1.685Mb)
    Date
    2018-04-05
    Author
    RIZKI, Yofin Aprilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prosedur penelitian di sekolah filial MTs Negeri 1 Jember ini masih kurang jelas, karena tidak adanya pedoman atau rubrik yang kemudian membuat guru mengambil jalan mudah dengan menilai secara instan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang tidak biasa, yang tidak hanya mengacu pada nilai akhir tetapi pada tahapan – tahapan yang dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen penilaian kinerja berbasisi problem solving. Pada penelitian pengembangan instrumen penilaian performansi yang dilakukan meliputi 3 komponen, yaitu tugas kinerja, cara penilaian, dan rubrik performansi. Instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan ini merupakan penilaian kinerja proses dengan menggunakan skala penilaian dan menggunakan metode analytic. Penelitian ini menggunakan model Spiral yang terbagi menjadi 5 tahapan, define, design, demonstrate, develop, dan delivery. Tahap define terdiri atas studi pendahuluan dan identifikasi kebutuhan. Tahap design terdiri atas penjabaran indikator, desain instrumen, uji validitas dan revisi. Tahap demonstrate terdiri atas uji coba terbatas yang meliputi uji keprtaktisan dan uji keefektifan serta revisi. Tahap develop adalah pengembangan instrumen yang telah layak digunakan. Tahap delivery adalah tahapan untuk pengiriman dan publikasi instrumen yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan survei lapangan, validasi ahli, angket respon siswa, angket respon guru, dan tugas kinerja. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis data validasi, analisis respon siswa, analisis respon guru, dan analisis tugas kinerja. Analisis data validasi dilakukan untuk menilai kevalidan instrumen yang telah dikembangkan, analasis respon guru digunakan untuk menilai kepraktisan dari instrumen yang dikembangkan, sedangkan analisis tugas kinerja digunakan untuk menilai keefektifan dari instrumen yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan layak digunakan. Hal tersebut berdasarkan hasil uji validitas yang di dapat sebesar 0,70 yang menyatakan bahwa instrumen yang dikembangkan valid, berdasarkan uji efektifitas yang didapat sebesar 77,27% yang menyatakan bahwa instrumen efektif, sedangkan berdasarkan hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa instrumen praktis digunakan dengan persentase 92,31%. Selain berdasarkan hasil ketiga uji tersebut, dalam penelitian ini juga dilakukan analisis respon siswa terhadap instrumen yang diberikan. 100% siswa menyatakan bahwa mereka sangat senang terhadap instrumen yang diberikan, 95,45% siswa menyatakan berminat untuk menggunakannya lagi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85217
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15402]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository