ANTISIPASI SISWA LEVEL ANALISIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menyelesaikan masalah geometri khususnya
pada pokok bahasan dimensi tiga (kubus). Sebenarnya beberapa konsep ada pada kepala siswa dan
siswa sudah tepat dalam menentukan prosedur terkait masalah yang diberikan, tetapi pada tahap
akhir siswa tidak tepat dalam menentukan jawaban. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
antisipasi siswa pada level analisis dalam menyelesaikan masalah geometri. Dalam penelitian ini
data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Tes berupa pengklasifikasian level van Hiele
yang diberikan kepada siswa yang diadopsi dari Sunardi (2000), sehingga diperoleh siswa pada
level analisis. Wawancara dilakukan kepada siswa pada level tersebut. Hasil penelitian ini adalah
siswa pada level analisis berturut-turut termasuk pada antisipasi analitik, antisipasi kaku, dan
antisipasi terinternalisasi. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru,
sehingga informasi ini mampu diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]