PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DISERTAI TEKNIK MEMBACA CEPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V B DI SDN 3 BESUKI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Proses penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Dan
Review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada
kelas VB SDN 3 Besuki pada siklus 1 dan 2 berjalan sesuai rencana. Pada
siklus 1 nilai tes pada siswa cenderung menurun dari tes pra siklus. Hal itu
dikarenakan siswa belum memahami secara menyeluruh mengenai metode
SQ3R. Oleh karena itu pada siklus 2 terdapat perubahan soal tes serta
mengulang kembali mengenai penjelasan metode SQ3R.
Hasil penerapan metode SQ3R setelah dilaksanakan perubahan soal serta
penjelasan secara menyeluruh mengenai metode SQ3R (survey, question,
read, recite, dan review), terlihat hasil yang lebih baik dari siklus 1.
Peningkatan hasil tes yang diperoleh siswa dikarenakan mereka sudah
lebih memahami mengenai penggunaan metode SQ3R. Berdasarkan hasil
yang diperoleh maka penelitian dihentikan sampai siklus 2.