MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) ISLAMIYAH HASANUDDIN LUMAJANG
Abstract
Proses penerapan metode bermain peran dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia yaitu diawali dengan memberikan apersepsi, membagi kelas
menjadi beberapa kelompok untuk pembuatan teks dialog, guru memberikan
waktu kepada siswa untuk berlatih sebelum menampilkan teks dialog, dan
secara bergiliran siswa menampilkan drama di depan kelas. Selanjutnya guru
bersama dengan siswa melakukan evaluasi sebagaitahap akhir dari proses
pembelajaran.
Melalui metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia,
keterampilan berbicara siswa kelas III di MIS Islamiyah Hasanuddin
Lumajang dapat ditingkatkan. Indikatornya dapat diketahui pada pencapaian
hasil belajar siswa sebesar 67% pada pra siklus menjadi 83% pada siklus I dan
92% pada siklus 2 (kategori persentase peningkatan hasil belajar siswa baik).