• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK SISWA SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Rafidatul Anisa - 120210102064_.pdf (3.178Mb)
    Date
    2018-03-27
    Author
    ANISA, Rafidatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Argopuro Panti-Jember. Desain pengembangan modul pada penelitian ini menggunakan model pegembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974), akan tetapi dalam penelitian ini mengalami pembatasan tahap pengembangan pada tahap keempat tidak dilaksanakan sehingga menjadi tiga tahap (Design, Define, Develop) karena peneliti hanya mengukur keefektifan produk pengembangan dalam skala kecil. Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri lembar validasi modul, lembar penilaian sikap siswa berupa lembar observasi, lembar post-test, dan lembar angket motivasi belajar. Metode pengumpalan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validasi, respon belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA mendapatkan hasil validitas sebesar 3,98 untuk validasi ahli dan 4,7 untuk validasi pengguna. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria cukup valid berdasarkan hasil validasi ahli dan memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi pengguna. Data ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 62,96 % dan termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan data kepraktisan penggunaan modul berdasar respon yang diberikan siswa diperoleh data sebesar 85,2 % yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria praktis digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84914
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository