PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk
menghasilkan produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle
5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Argopuro Panti-Jember. Desain pengembangan modul pada
penelitian ini menggunakan model pegembangan 4-D (Define, Design, Develop,
Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974),
akan tetapi dalam penelitian ini mengalami pembatasan tahap pengembangan pada
tahap keempat tidak dilaksanakan sehingga menjadi tiga tahap (Design, Define,
Develop) karena peneliti hanya mengukur keefektifan produk pengembangan
dalam skala kecil. Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri lembar
validasi modul, lembar penilaian sikap siswa berupa lembar observasi, lembar
post-test, dan lembar angket motivasi belajar. Metode pengumpalan data yang
digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah
validasi, respon belajar siswa, dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Modul pembelajaran fisika
berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA
mendapatkan hasil validitas sebesar 3,98 untuk validasi ahli dan 4,7 untuk validasi
pengguna. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle
5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria cukup
valid berdasarkan hasil validasi ahli dan memenuhi kriteria valid berdasarkan
hasil validasi pengguna. Data ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar
62,96 % dan termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan data kepraktisan
penggunaan modul berdasar respon yang diberikan siswa diperoleh data sebesar
85,2 % yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian modul
pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis
untuk siswa SMA memenuhi kriteria praktis digunakan dalam pembelajaran.