• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS MISKONSEPSI POKOK BAHASAN GELOMBANG MEKANIK PADA SISWA KELAS XII SMAN KENCONG

    Thumbnail
    View/Open
    Na’imatul Istiqomah - 130210102020_.pdf (1.631Mb)
    Date
    2018-03-26
    Author
    ISTIQOMAH, Na’imatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan di SMAN Kencong dengan pertimbangan bahwa sekolah tersebut masih belum pernah diadakan ujian tes diagnostik miskonsepsi sehingga masih belum diketahui sejauh mana miskonsepsi yang dialami siswa. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling (dengan sengaja dipilih). Adapun kelas yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian adalah semua kelas XII MIPA (XII MIPA 1 sampai dengan XII MIPA 6). Penelitian dilakukan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu soal tes diagnostik miskonsepsi dan lembar angket minat belajar. Soal diagnostik digunakan untuk menganalisis sejauh mana miskonsepsi yang dialami siswa berdasarkan hasil jawaban siswa. Jawaban siswa dianalisis dengan mengacu pada tabel pengelompokkan derajat pemahamaan konsep menurut Abraham setelah itu akan dihitung persentase pada masing-masing indikator dan persentase rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa. Sedangkan, untuk lembar angket minat belajar digunkan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa sehingga akan dapat diketahui faktor yang mempengaruhi siswa mengalami miskonsepsi berdasarkan minat belajar siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu miskonsepsi yang terjadi pada siswa berdasarkan indikator pemahaman konsep adalah translasi konsep sebesar 19%; translasi simbol sebesar 12%; interpretasi rumus sebesar 12%; interpretasi grafik sebesar 28%; ekstrapolasi perhitungan sebesar 19% dan ekstrapolasi hubungan antar besaran fisika sebesar 9%. Sedangkan, persentase rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi pada pembelajaran fisika pokok bahasan gelombang mekanik adalah 14.14%. Adapun faktor yang mempengaruhi siswa mengalami miskonsepsi pada pembelajaran fisika berdasarkan minat belajar siswa yaitu sebagai berikut: siswa merasa materi fisika sulit dipahami; siswa kurang tertarik mempelajari materi fisika; siswa kurang tertarik belajar fisika karena banyak rumus yang harus dipelajari; siswa kurang tertarik bertanya pada guru tentang materi yang belum dipahami; siswa kurang tertari membaca buku tentang materi fisika; siswa tidak pernah mencoba untuk mengerjakan latihan soal fisika di rumah; siswa malas mengikuti pelajaran fisika saat keadaan kelas gaduh; siswa kesulitan dalam mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru; siswa kurang aktif dalam menyampaikan pendapat saat pembelajaran sehingga konsepsi siswa tidak bisa diidentifikasi oleh guru; dan terdapat beberapa siswa yang tidak pernah mencatat materi yang disampaikan guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84897
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository