Hubungan Kecepatan Waktu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember (The Relation of Speed Time Service to Patient Satisfaction in Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember)
Date
2018-03-23Author
Jannah, Alifah Nur
Kiswaluyo, Kiswaluyo
Yani, Ristya Widi Endah
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Peningkatan jumlah penyedia pelayanan kesehatan memicu persaingan ketat
antara penyedia pelayanan kesehatan yang menyebabkan setiap sarana pelayanan kesehatan
harus menempatkan orientasi pada perbaikan mutu dan kepuasan pasien. Dimensi yang dapat
digunakan untuk menilai mutu pelayanan yaitu kecepatan waktu pelayanan. Tujuan:
Mengetahui hubungan antara kecepatan waktu pelayanan terhadap kepuasan. Metode
Penelitian: Penelitian berupa penelitian observasional analitik dengan rancangan survei cross
sectional. Penelitian dilakukan dengan mengukur kecepatan waktu pelayanan mulai
pendaftaran sampai selesai melakukan perawatan dengan menggunakan stopwatch dan
mengukur tingkat kepuasan dengan melakukan wawancara dengan pedoman skala Likert. Hasil
penelitian kemudian diuji Kolmogorov-Smirnov dilanjutkan uji korelasi Spearman. Hasil dan
kesimpulan: Frekuensi tertinggi untuk waktu pendaftaran adalah 49% cepat, kecepatan waktu
tunggu 81% sangat cepat, kecepatan waktu OD (Oral Diagnosa) 68% sangat cepat dan
kecepatan waktu perawatan 42% sedang. Tingkat kepuasan pasien didapatkan 71% responden
merasa puas. Hasil uji korelasi Spearman menunjukan bahwa terdapat hubungan antara
kecepatan waktu pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSGM Universitas Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]