Hubungan Kecepatan Waktu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember (The Relation of Speed Time Service to Patient Satisfaction in Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember)
Date
2018-03-23Author
Jannah, Alifah Nur
Kiswaluyo, Kiswaluyo
Yani, Ristya Widi Endah
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Peningkatan jumlah penyedia pelayanan kesehatan memicu persaingan ketat
antara penyedia pelayanan kesehatan yang menyebabkan setiap sarana pelayanan kesehatan
harus menempatkan orientasi pada perbaikan mutu dan kepuasan pasien. Dimensi yang dapat 
digunakan  untuk  menilai  mutu  pelayanan  yaitu  kecepatan  waktu  pelayanan.  Tujuan:
Mengetahui  hubungan  antara  kecepatan  waktu  pelayanan  terhadap  kepuasan.  Metode
Penelitian: Penelitian berupa penelitian observasional analitik dengan rancangan survei cross
sectional.  Penelitian  dilakukan  dengan  mengukur  kecepatan  waktu  pelayanan  mulai 
pendaftaran  sampai  selesai  melakukan  perawatan  dengan  menggunakan  stopwatch  dan
mengukur tingkat kepuasan dengan melakukan wawancara dengan pedoman skala Likert. Hasil 
penelitian kemudian diuji  Kolmogorov-Smirnov dilanjutkan uji  korelasi  Spearman.  Hasil  dan
kesimpulan: Frekuensi tertinggi untuk waktu pendaftaran adalah 49% cepat, kecepatan waktu
tunggu  81% sangat  cepat,  kecepatan  waktu  OD (Oral  Diagnosa)  68% sangat  cepat  dan
kecepatan waktu perawatan 42% sedang. Tingkat kepuasan pasien didapatkan 71% responden
merasa  puas.  Hasil  uji  korelasi  Spearman  menunjukan  bahwa  terdapat  hubungan  antara
kecepatan waktu pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSGM Universitas Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7429]
