• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG CAHAYA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Debi Devianti - 130210102018_.pdf (7.008Mb)
    Date
    2018-03-22
    Author
    DEVIANTI, Debi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan judul “bahan ajar gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMA. Penelitian ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan mengembangkan bahan ajar yang digabung dengan permainan edukatif berupa teka-teki silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mendeskripsikan validitas bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan keefektifan berdasarkan hasil belajar kognitif siswa. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah melalui tahap revisi terdiri dari 10 langkah. Bahan ajar ini dikembangkan dengan desain tampilan yang berisi fitur yaitu petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, kegiatan praktikum dan Teka-teki silang (TTS). Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif hasil validasi ahli menunjukkan nilai sebesar 79,4 % dan validasi pengguna 88,8 % sehingga dapat dinyatakan valid. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan penggunaan bahan ajar dengan 3 kali pertemuan dan dihasilkan peningkatan presentase 93,75%, 97,93%, serta 100%. Kefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa dengan nilai NGain adalah 0,71. Rata-rata nilai pretest sebesar 30,52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,09. Untuk mengetahui signifikan dari bahan ajar maka digunakan uji paired samples T-Test dengan melalui prasarat uji normalitas. Hasil Signifikan dapat diketahui dari nilai mean atau selisih rata-rata pretest dan posttest adalah - 49,576 tanda negatif berarti bahwa nilai pretest < posttest. Setelah diketahui bahwa pretest dan posttest memiliki perbedaan yang signifikan dan nilai pretest lebih kecil dari posttest. Sehingga ada perbedaan dan peningkatan yang disebabkan adanya bahan ajar. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa bahan ajar gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMAN Rambipuji valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84818
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository