PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG CAHAYA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DI SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan judul “bahan ajar
gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMA.
Penelitian ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi
permasalahan yang ada dengan mengembangkan bahan ajar yang digabung dengan
permainan edukatif berupa teka-teki silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mendeskripsikan validitas bahan
ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan
pembelajaran dan keefektifan berdasarkan hasil belajar kognitif siswa. Dalam
penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan
Borg and Gall yang telah melalui tahap revisi terdiri dari 10 langkah. Bahan ajar
ini dikembangkan dengan desain tampilan yang berisi fitur yaitu petunjuk
penggunaan, materi pembelajaran, kegiatan praktikum dan Teka-teki silang (TTS).
Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif hasil validasi ahli
menunjukkan nilai sebesar 79,4 % dan validasi pengguna 88,8 % sehingga dapat
dinyatakan valid. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan penggunaan bahan ajar
dengan 3 kali pertemuan dan dihasilkan peningkatan presentase 93,75%, 97,93%,
serta 100%. Kefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa dengan nilai NGain
adalah 0,71. Rata-rata nilai pretest sebesar 30,52 dan rata-rata nilai posttest
sebesar 80,09. Untuk mengetahui signifikan dari bahan ajar maka digunakan uji
paired samples T-Test dengan melalui prasarat uji normalitas. Hasil Signifikan
dapat diketahui dari nilai mean atau selisih rata-rata pretest dan posttest adalah -
49,576 tanda negatif berarti bahwa nilai pretest < posttest. Setelah diketahui
bahwa pretest dan posttest memiliki perbedaan yang signifikan dan nilai pretest
lebih kecil dari posttest. Sehingga ada perbedaan dan peningkatan yang
disebabkan adanya bahan ajar. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa bahan
ajar gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di
SMAN Rambipuji valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.