ANALISIS PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI SEMANGKA KELOMPOK TANI RIDHO LESTARI DI DESA TEMBOKREJO KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran
semangka yang terdapat pada kelompok tani Ridho Lestari Desa Tembokrejo
Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, (2) margin dan efisiensi pemasaran
semangka pada kelompok tani Ridho Lestari Desa Tembokrejo Kecamatan
Muncar Kabupaten Banyuwangi, dan (3) pendapatan dan efisiensi biaya usahatani
semangka kelompok tani Ridho Lestari di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar
Kabupaten Banyuwangi.
Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja yaitu di Desa Tembokrejo
Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dan analitik. Pengambilan contoh dilakukan dengan menggunakan 2
metode yaitu total sampling (petani semangka) dan purposive sampling (informan
kunci dan ekspert). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani semangka kelompok tani
Ridho Lestari memiliki 4 saluran pemasaran yaitu : (a) petani – pedagang besar –
pedagang pengecer – konsumen, (b) petani – tengkulak – pedagang besar –
pedagang pengecer – konsumen, (c) petani – tengkulak – pedagang pengecer –
konsumen, dan (d) petani – eksportir – importir; (2) margin pemasaran semangka
yang tidak ekspor adalah rendah dan efisien, sedangkan margin pemasaran ekspor
adalah tinggi dan tidak efisien; (3) usahatani semangka yang dilakukan oleh
kelompok tani Ridho Lestari adalah menguntungkan dan penggunaan biayanya
adalah efisien.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]