PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA DI SMP
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Desain penelitian ini
menggunakan random, pre-test, post-test design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Nuris Jember kelas VII-A dan VII-B pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Subyek penelitian adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini
adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data
menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 24 dan teknik
deskriptif dengan persentase.
Dari data hasil rata-rata keterampilan sosial siswa diketahui bahwa
rata-rata keterampilan sosial siswa kelas eksperimen yaitu 35,77 dengan garde A
kriteria sangat baik dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 33,60 dengan grade
B kriteria baik. Keterampilan sosial akan terwujud dalam kerja kelompok saat
menyalurkan gagasannya untuk menjawab permasalahan melalui komunikasi antar
siswa. Analisis keterampilan sosial siswa didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,027
atau Sig. ≤ 0,05. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah pengujian hipotesis
pihak kanan, sehingga nilai Sig. 2 tailed dibagi 2 dan diperoleh signifikansi 1-tailed
sebesar 0,0135. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dengan
hipotesis statistik maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti
model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan sosial siswa dikelas VII SMP.
Dari data hasil belajar dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen 88,18 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,16 adalah sama, dengan
kategori tinggi. Analisis hasil belajar siswa didapatkan nilai Sig. 2 tailed sebesar
0,000 atau 0,000 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan
dengan hipotesis statistik dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti
model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMP.