• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Lely Yuliyanti - 130210102030.pdf (3.915Mb)
    Date
    2018-03-20
    Author
    Yuliyanti, Lely
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Desain penelitian ini menggunakan random, pre-test, post-test design. Penelitian dilaksanakan di SMP Nuris Jember kelas VII-A dan VII-B pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 24 dan teknik deskriptif dengan persentase. Dari data hasil rata-rata keterampilan sosial siswa diketahui bahwa rata-rata keterampilan sosial siswa kelas eksperimen yaitu 35,77 dengan garde A kriteria sangat baik dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 33,60 dengan grade B kriteria baik. Keterampilan sosial akan terwujud dalam kerja kelompok saat menyalurkan gagasannya untuk menjawab permasalahan melalui komunikasi antar siswa. Analisis keterampilan sosial siswa didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,027 atau Sig. ≤ 0,05. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai Sig. 2 tailed dibagi 2 dan diperoleh signifikansi 1-tailed sebesar 0,0135. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dengan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap keterampilan sosial siswa dikelas VII SMP. Dari data hasil belajar dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 88,18 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,16 adalah sama, dengan kategori tinggi. Analisis hasil belajar siswa didapatkan nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 atau 0,000 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dengan hipotesis statistik dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84744
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository