Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorZahroul, Chumi
dc.contributor.authorNadiya, Dewi
dc.date.accessioned2018-03-16T07:38:52Z
dc.date.available2018-03-16T07:38:52Z
dc.date.issued2018-03-16
dc.identifier.nimNIM 100210204134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84641
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Sosial adalah studi yang memberikan pemahaman/pengertian-pengertian tentang cara-cara manusia hidup, tentang kebutuhan-kebutuhan dasar manusia, tentang kegiatan-kegiatan dalam usaha memenuhi kebutuhan itu, dan tentang lembaga-lembaga yang dikembangkan sehubungan dengan hal-hal tersebut. Kemampuan belajar IPS antara siswa satu dengan yang lainnya jelas berbeda sehingga prestasi mereka dapat digambarkan dari yang terendah hingga yang tertinggi. Perbedaan individual ini harus dipertimbangkan dalam pemilihan model pembelajaran yang lebih inovatif agar siswa dapat berkembang serta menguasai materi pelajaran dengan maksimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pra siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah dan hasil belajar siswa tergolong kurang baik. Hal ini, dikarenakan siswa kurang antusias dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti; dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif, misalnya kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang belum mereka pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Latar belakang di atas dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model kooperatif tipe make a match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iii pada mata pelajaran IPS tema pertanian di sdn pecoro 03 jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan penerapan model kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS tema pertanian di SDN pecoro 03 jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOOPERATIF TIPE MAKE A MATCHen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERTANIAN DI SDN PECORO 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record