PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERTANIAN DI SDN PECORO 03 JEMBER
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah studi yang memberikan
pemahaman/pengertian-pengertian tentang cara-cara manusia hidup, tentang
kebutuhan-kebutuhan dasar manusia, tentang kegiatan-kegiatan dalam usaha
memenuhi kebutuhan itu, dan tentang lembaga-lembaga yang dikembangkan
sehubungan dengan hal-hal tersebut. Kemampuan belajar IPS antara siswa satu
dengan yang lainnya jelas berbeda sehingga prestasi mereka dapat digambarkan dari
yang terendah hingga yang tertinggi. Perbedaan individual ini harus dipertimbangkan
dalam pemilihan model pembelajaran yang lebih inovatif agar siswa dapat
berkembang serta menguasai materi pelajaran dengan maksimal. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara pra siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa
rendah dan hasil belajar siswa tergolong kurang baik. Hal ini, dikarenakan siswa
kurang antusias dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti;
dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif, misalnya kurang
memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang
belum mereka pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika
pembelajaran berlangsung. Latar belakang di atas dilaksanakan penelitian dengan
menerapkan model kooperatif tipe make a match. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe make a match untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iii pada mata pelajaran IPS
tema pertanian di sdn pecoro 03 jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan penerapan
model kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas III pada mata pelajaran IPS tema pertanian di SDN pecoro 03 jember.