PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL BELANDA (1900-1942) DENGAN MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945)
dc.contributor.advisor | Sumardi | |
dc.contributor.advisor | Umamah, Nurul | |
dc.contributor.author | Wahyudi, Andi | |
dc.date.accessioned | 2018-03-14T02:35:15Z | |
dc.date.available | 2018-03-14T02:35:15Z | |
dc.date.issued | 2018-03-14 | |
dc.identifier.nim | NIM 130210302028 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84567 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan unsur penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia. Sistem pendidikan pada masa kolonial Belanda didasarkan pada penggolongan rasial dan status sosial masyarakat, terdapat dualisme pada sistem persekolahan yang mengakibatkan terjadinya diskriminasi antara anakanak Indonesia dengan anak-anak Belanda. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada kepentingan kaum modal Belanda dengan tujuan untuk membentuk tenaga terdidik sebagai buruh kasar yang dipekerjakan sebagai tenaga administrasi dan tenaga teknik pada perusahaan Belanda. Kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah telah menarik perhatian bangsa Jepang untuk menguasai dan memanfaatkan potensi Indonesia bagi kepentingan militernya. Setelah berhasil menduduki Indonesia, maka bangsa Jepang menggunakan pendidikan sebagai alat propaganda untuk mempengaruhi dan mengindoktrinasi masyarakat Indonesia. Sistem pendidikan didasarkan pada landasan idiil Hakko Ichiu (Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya) sebagai bentuk dari tujuan militer Jepang untuk memenangkan perang Pasifik. Penyelenggaraan pendidikan mengalami perubahan dengan menghapus sistem pendidikan dualistik-diskriminatif yang terjadi dalam pengajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial Belanda (1900-1942)?; (2) bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang (1942-1945)?; (3) bagaimana perbandingan sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial Belanda dengan masa pendudukan Jepang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial . | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Pendudukan Jepang | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL BELANDA (1900-1942) DENGAN MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT-Faculty of Teacher Training and Education [15111]
Koleksi Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan