dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang
ada di sekolah dasar. Pada proses pembelajaran IPA, siswa dituntut aktif dalam
dan terus mengembangkan kemampuan berpikir yang mendalam sesuai dengan
kemampuan. Sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran IPA di SD yaitu
mengembangkan keterampilan proses dengan menyelidiki alam sekitar,
memecahkan masalah, dan membuat keputusan, maka pembelajran IPA harus
berpusat pada siswa (student centered) agar proses KBM menjadi lebih efektif.
Maka berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap guru
kelas IV pada saat pembelajaran IPA di SDN Gebang 02 Jember pada tanggal 17
Juli 20167 masih bersifat teacher centered karena guru masih menggunakan
metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Siswa kurang
diberi kebebasan untuk mengasah proses berpikir dan mengeluarkan idenya
sehingga siswa cenderung pasif dan pembelajaran kurang efektif. Hal tersebut
mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gebang 02
Jember masuk dalam kategori rendah.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktvitas
dan hasil belajar siswa kelas IV semester 1 di SDN Gebang 02 Jember pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya
melalui Model PBL?. | en_US |