• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

    Thumbnail
    View/Open
    Ade Budi Saputra 130210204083.pdf sdh.pdf (5.304Mb)
    Date
    2018-03-08
    Author
    Saputra, Ade Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar. Pada proses pembelajaran IPA, siswa dituntut aktif dalam dan terus mengembangkan kemampuan berpikir yang mendalam sesuai dengan kemampuan. Sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran IPA di SD yaitu mengembangkan keterampilan proses dengan menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan, maka pembelajran IPA harus berpusat pada siswa (student centered) agar proses KBM menjadi lebih efektif. Maka berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas IV pada saat pembelajaran IPA di SDN Gebang 02 Jember pada tanggal 17 Juli 20167 masih bersifat teacher centered karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Siswa kurang diberi kebebasan untuk mengasah proses berpikir dan mengeluarkan idenya sehingga siswa cenderung pasif dan pembelajaran kurang efektif. Hal tersebut mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gebang 02 Jember masuk dalam kategori rendah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktvitas dan hasil belajar siswa kelas IV semester 1 di SDN Gebang 02 Jember pada mata pelajaran IPA pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya melalui Model PBL?.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84512
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository