Pengaruh Pemberian Edukasi Menggunakan Buku Saku Bergambar dan Berbahasa Madura terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita dan Pengawas Menelan Obat Tuberkulosis Paru (The Effect of A Pictorial Booklet with Madurese Language on Level of Knowledge among Tuberculosis Patients and Their Treatment Observers)
Date
2018-02-26Author
Magfiroh, Lailatul
Pratama, Antonius Nugraha Widhi
Rachmawati, Ema
Metadata
Show full item recordAbstract
Penyakit tuberkulosis (TB) menjadi salah satu masalah utama kesehatan. Keberhasilan
pengobatan TB paru ditentukan oleh kepatuhan penderita TB. Salah satu faktor yang
menyebakan rendahnya kepatuhan penderita adalah kurangnya pengetahuan penderita dan
pengawas menelan obat (PMO) TB mengenai tuberkulosis sehingga perlu adanya edukasi
kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan penderita dan PMO TB. Oleh karena itu, penelitian
ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian edukasi menggunakan
buku saku bergambar dan berbahasa Madura terhadap tingkat pengetahuan penderita dan PMO
tuberkulosis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain studi one
group pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kaliwates, Patrang, dan
Mayang. Tingkat pengetahuan dievaluasi mengunakan kuesioner yang berisi 16 pernyataan
sebelum dan 1-2 minggu sesudah edukasi menggunakan buku saku. Hasil analisis uji T
berpasangan menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang TB yang signifikan secara statistik
(p <0,001) antara sebelum (10,18 ± 1,781) dan sesudah (11,88 ± 1,686) edukasi menggunakan
buku saku. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan buku saku bergambar dan
berbahasa Madura dapat meningkatkan tingkat pengetahuan penderita dan PMO TB.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]