Show simple item record

dc.contributor.authorDeni Eviliana
dc.date.accessioned2013-12-12T03:47:22Z
dc.date.available2013-12-12T03:47:22Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM060210191204
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8430
dc.description.abstractTingkat penguasaan konsep tentang soal cerita di kelas VII F SMPN 1 Glenmore masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester yang dikemas dalam bentuk soal cerita, hanya ada 65% siswa yang tuntas. Penggunaan teori polya dalam menyelesaikan soal cerita diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan cerita. Selain itu, sebagian besar siswa kelas ini cenderung pasif selama pembelajaran disebabkan siswa malu dan enggan bertanya maupun berpendapat kepada guru. Oleh karena itu, penerapan tutor sebaya selama pembelajaran diharapkan mampu ini bisa membuat siswa lebih aktif bertanya dan tidak lagi enggan bertanya kepada tutor yang lebih mengerti sehingga menunjang proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pembelajaran tutor sebaya dalam pengaturan kelasnya dan penyampaian tahapan-tahapan model polya untuk membantu siswa memahami cara penyelesaian soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore Banyuwangi tanggal 8 Desember- 22 Desember 2010 dengan obyek penelitian siswa kelas VIIF. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa tes akhir, data aktivitas siswa dan data aktivitas guru selama proses pembelajaran serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata sebesar 81,12% meningkat pada siklus II rata-rata sebesar 90,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ix dengan tutor sebaya mampu meningkatkan aktivitas siswa. Hasil belajar dikatakan tuntas baik pada siklus I maupun pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II tetap yaitu sebesar 92,5%. Sedangkan ratarata hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 79.95 menjadi 82.8. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam meyelesaikan soal cerita model polya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 1 Glenmore pada materi aritmatika sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries(060210191204);
dc.subjectTUTOR SEBAYA, MODEL POLYAen_US
dc.titlePENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MODEL POLYA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SMPN 1 GLENMORE KELAS VIIF SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record