PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MODEL POLYA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SMPN 1 GLENMORE KELAS VIIF SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Tingkat penguasaan konsep tentang soal cerita di kelas VII F SMPN 1
Glenmore masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester
yang dikemas dalam bentuk soal cerita, hanya ada 65% siswa yang tuntas.
Penggunaan teori polya dalam menyelesaikan soal cerita diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan menyelesaikan cerita. Selain itu, sebagian besar siswa
kelas ini cenderung pasif selama pembelajaran disebabkan siswa malu dan enggan
bertanya maupun berpendapat kepada guru. Oleh karena itu, penerapan tutor
sebaya selama pembelajaran diharapkan mampu ini bisa membuat siswa lebih
aktif bertanya dan tidak lagi enggan bertanya kepada tutor yang lebih mengerti
sehingga menunjang proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalah tersebut,
penelitian ini menggunakan pembelajaran tutor sebaya dalam pengaturan kelasnya
dan penyampaian tahapan-tahapan model polya untuk membantu siswa
memahami cara penyelesaian soal cerita.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore Banyuwangi
tanggal 8 Desember- 22 Desember 2010 dengan obyek penelitian siswa kelas
VIIF. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan
wawancara. Data yang dikumpulkan berupa tes akhir, data aktivitas siswa dan
data aktivitas guru selama proses pembelajaran serta hasil wawancara dengan
guru bidang studi dan siswa.
Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa
mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata sebesar 81,12% meningkat pada
siklus II rata-rata sebesar 90,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran
ix
dengan tutor sebaya mampu meningkatkan aktivitas siswa. Hasil belajar dikatakan
tuntas baik pada siklus I maupun pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil
belajar siswa dari siklus I ke siklus II tetap yaitu sebesar 92,5%. Sedangkan ratarata
hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 79.95
menjadi 82.8. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam
meyelesaikan soal cerita model polya mampu meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIIF SMPN 1 Glenmore pada materi aritmatika sosial.