• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Visualitation in Participatory Program(VIPP) dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Kesehatan Reproduksi Remaja di Jember (Effect Of Visualitation in Participatory Program (VIPP) and Lecture Method On Knowledge, Attitudes, and Skills Of Reproductive Health Among Adolescent in Jember )

    Thumbnail
    View/Open
    F. Kep_Jurnal_Tantut S_PENGARUH VISUALITATION IN.pdf (1.359Mb)
    Date
    2018-02-13
    Author
    SUSANTO, Tantut
    RAHMAWATI, Iis
    WANTIYAH, Wantiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang: Visualitation in participarory program (VIPP) dapat diterapkan sebagai metode pendidikan kesehatan reproduksi remaja (KRR) untuk meningkatkan cakupan layanan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di puskesmas. Tujuan: diketahuinya pengaruh visualitation in participarory program (VIPP) dan metode ceramah terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan KRR. Metode: Desain penelitian adalah quasy experiment with pretest-posttest design. Sampel penelitian 65 siswa SMA yang telah mengalami pubertas (32 kelompok VIPP dan 33 kelompok metode ceramah) diambil secara multi stage random sampling di dua Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Jember dan secara sukarela mau mengikuti program selama 10 sesi VIPP maupun metode ceramah. Variabel pengetahuan, sikap, dan keterampilan KRR sebelum dan sesudah intervensi diukur dan dibandingkan pada masing-masing kelompok. Data dianalisis dengan paired t-test. Hasil: Pada kelompok metode ceramah tidak ada perbedaan bermakna pengetahuan dan sikap KRR (p>0.05), tetapi ada perbedaan yang bermakna ketrampilan KRR (P<0.05) sebelum dan sesudah intervensi. Pada kelompok VIPP terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan ketampilan KRR (p<0.001) sebelum dan sesudah intervensi VIPP selama 10 sesi. Kesimpulan: Metode VIPP mampu merubah 3 domain pengetahuan, sikap, dan ketrampilan, tetapi metode ceramah hanya mampu merubah domain ketrampilan. Agar metode VIPP menjadi metode alternatif pendidikan pendidikan kesehatan sesuai dengan standar PKPR dalam meningkatkan 3 domain KRR.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84307
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7377]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository