Show simple item record

dc.contributor.authorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorKhutobah, Khutobah
dc.contributor.authorLatif, Misno Abdul
dc.date.accessioned2018-02-13T03:35:44Z
dc.date.available2018-02-13T03:35:44Z
dc.date.issued2018-02-13
dc.identifier.issn2442-532X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84303
dc.descriptionJournal of Nonformal Education, Vol. 3, No 2, (2017)en_US
dc.description.abstractFokus kajian penelitian dilatar belakangi adanya kondisi bahwa masyarakat perdesaaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Disisi lain proses pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan hanya mengenalkan huruf dan angka saja. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara yang sesuai kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal yang terdapat dalam masyarakat. Pola pendidikan keaksaraan fungsional yang dihasilkan dari kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember, terutama pada masyarakat perdesaaan. Data penelitian yang dikumpulkan pada kegiatan penelitian ini bersifat primer dan skunder, untuk kemudian dianalisa dengan menggunakan mix metode (menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur melalui diskusi kelompok (Fokus Group Discusion) dan angket. Hasil kajian ditemukan adanya potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang dapat dikembangkan dalam kegiatan program keaksaraan fungsional. Dimana tatanan masyarakat secara lokal dapat berpengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectkearifan lokalen_US
dc.subjectkeaksaraan fungsionalen_US
dc.subjectmasyarakat perdesaanen_US
dc.titlePotensi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Keaksaraan Fungsional Pada Masyarakat Perdesaan di Kabupaten Jember (Potential Local Wisdom in Functional Literacy Education In Rural Communities in Jember District)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record