• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI K-NEAREST NEIGHBOR PADA SISTEM REKOMENDASI PENENTUAN JURUSAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

    Thumbnail
    View/Open
    Gede Bagoes Santoso - 122410101010_.pdf (2.411Mb)
    Date
    2018-02-13
    Author
    SANTOSO, Gede Bagoes
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penentuan Jurusan meruapakan salah satu upaya agar siswa dapat fokus dalam mempelajari dan mendalami bakat mereka masing – masing pada bidang akademik. Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan dengan pengimplementasian K-Neraest Neighbor ini nantinya akan membantu dalam proses Jurusan tersebut, sehingga dapat mempermudah dalam proses Jurusan. Ada beberapa kriteria yang dipakai dalam penelitian dan pembangunan sistem ini. Proses K-Nearest Neighbor dimulai dari penentuan kriteria, penentuan nilai K, normalisasi data uji dan data training, perhitungan euclidean distance, sorting dan penarikan kesimpulan. K-Nearest Neighbor bekerja dengan mencari jarak terpendek sampai terjauh antara data uji dengan data training. Metode ini mengambil data teratas sesuai K yang telah diinputkan dan menarik kesimpulan hasil perhitumngan dilihat dari jumlah data yang sama yg telah diambil sesuai dengan K. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat lunak untuk perancangan dan pembangunan dari sistem ini menggunakan model waterfall. Terdapat 5 tahapan penelitian yaitu : analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, dan pemeliharaan sistem. Analisis kebutuhan merupakan tahap untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah perangkat lunak. Analisis kebutuhan tediri dari studi pustaka, wawancara, dan gambaran umum sistem. Desain sistem menggunakan model Unified Modeling Language (UML) yang dirancang menggunakan konsep Object Oriented Programming (OOP). Implementasi sistem menggunakan Bahasa pemrograman Page Hyper Text Pre-Processor (PHP) dan manajemen basis data MySQL sistem dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu White Box dan Black Box Testing. Pemeliharaan sistem ini dilakukan dengan melakukan perbaikan pada error yang terdapat dalam perangkat lunak. Sistem ini dibangun berbasis website.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84283
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository