Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.advisorSupriadi, Bambang
dc.contributor.authorWafa, Ali
dc.date.accessioned2018-02-08T02:33:50Z
dc.date.available2018-02-08T02:33:50Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nim070210192143
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84169
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa, sehingga prestasi hasil belajar Fisika masih rendah. Model pembelajaran Tipe TPSq (think pairs Square) dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep-konsep fisika yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (Think Pair Square) disertai metode demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (DI) dalam pembelajaran fisika di SMP; (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (Think Pair Square) disertai metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas VII. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling melalui teknik pengundian, diperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi. Desain penelitian ini menggunakan desain one group post-tes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Independent Sample t test dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (think pair square) disertai metode demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (DI) dalam pembelajaran fisika di SMP; (2) Keaktifan siswa selama pembelajaran fisika dengan menggunakan model TPSq (think pair square) mengalami peningkatan dan termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang sangat aktif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTPSq (Think Pair Square)en_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.subjectPembelajaran IPA Fisikaen_US
dc.titleMODEL KOOPERATIF TIPE TPSQ (THINK PAIR SQUARE) DISERTAI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record