ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK TAPE KEMASAN BERLABEL Studi Kasus di Kabupaten Bondowoso
Abstract
Tape adalah makanan hasil fermentasi dari bahan dasar yang mengandung karbohidrat tinggi yang diubah menjadi gula dan alkohol oleh mikroorganisme kapang dan ragi. Kabupaten Bondowoso berpotensi untuk pengembangan agroindustri tape kemasan berlabel. Beragam tape kemasan berlabel dijual di pasaran sehingga membuat konsumen dihadapkan pada banyak pilihan. Untuk itulah perlu dipahami oleh produsen dan pengusaha agar diidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen agar dapat disusun strategi pemasaran yang tepat dalam mempertahankan pelanggan maupun mengungguli pesaingnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) faktor-faktor penting yang mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian produk tape kemasan berlabel, (2) hubungan tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas, (3) hubungan tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dan korelasional. Teknik pengambilan sampel adalah mengggunakan Convinience sampling. Data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder.Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan uji chi-square.
Hasil penelitian yang diperoleh (1) Faktor-faktor penting yang mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian produk tape kemasan berlabel adalah fisik, persepsi, kualitas, pelayanan,sumber informasi, motivasi dan lokasi pembelian (2) tidak terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas (3) terdapat hubungan nyata antara tingkat pendidikan dengan faktor kualitas.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]