Show simple item record

dc.contributor.advisorSUWANDARI, Anik
dc.contributor.advisorHARIYATI, Yuli
dc.contributor.authorARDANA D.M, Elok
dc.date.accessioned2018-01-31T02:46:56Z
dc.date.available2018-01-31T02:46:56Z
dc.date.issued2018-01-31
dc.identifier.nimNIM201510201147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84125
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui efisiensi ekonomis usaha tambak udang PT. Alam Gemacitra Prima; (2) mengetahui kelayakan usaha tambak udang PT. Alam Gemacitra Prima dan (3) menganalisis prospek pengembangan usaha tambak uang PT. Alam Gemacitra Prima. Penelitian dilakukan pada PT. Alam Gemacitra Prima dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode sampling disengaja (purposive sampling method). Metode pengumpulan dat adalah menggunakan data primer dan skunder. Alat analisis yang digunakan adalah gross B/C ratio, NPV, IRR, Net B/C, analisis sensitivitas, dan Payback Period. Analisis tersebut untuk mengukur tingkat efisiensi, dan kelayakan usaha. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui prospek usaha tambak udang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai B/C ratio sebesar 1,01 (lebih besar dari 1). Dilihat dari nilai NPV sebesar Rp. 75.843.573 (lebih besar dari nol), nilai IRR sebesar 31,84% (lebih besar dari bunga bank yaitu 31 %), nilai Net B/C sebesar 1,02 (lebih besar dari 1) maka dapat dikatakan bahwa usaha tambak udang PT. Alain Gemacitra Prima layak dilanjutan ditunjang oleh kemampuan usaha dalam mengembalikan investasi dalam waktu 3 tahun (nilai payback period = 3 tahun). Analisis sensitivitas dilakukan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam usaha tambak udang bila ada kenaikan sebesar 10%. Berdasar perhitungan, perusahaan masih layak untuk mengusahakan tambak udang dengan kenaikan biaya produksi sebesar 10%. Hasil analisis SWOT PT. Alam Gemacitra Prima berada pada daerah ideal dimana usaha tersebut prospektif untuk diusahakan dan mampu untuk mengembangkan usahanya. Ditinjau dari matrik Eksternal-Internal, strategi yang digunakan PT. AGP adalah strategi pertumbuhan. Hal ini diartikan bahwa perusahaan didesain untuk mencapai pertumbuhan baik penjualan maupun profit. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan produk bare dan meningkatkan kualitas produk atau jasa. Strategi yang dirumuskan berdasar matrik SWOT adalah strategi S-0 dengan cara menjaga kualitas udang, memproduksi udang sesuai permintaan pasar, dan melakukan strategi penjualan. Strategi W-O yaitu dengan peningkatan penguasaan 15engendalian penyakit, penanganan hasil panen secara tepat, meminimalkan sensitivitas udang terhadap lingkungan dengan budidaya modem. Strategi S-T yaitu dengan can memperbaiki sifat tanah dengan pengolahan intensif, meminimalkan pencemaran lingkungan dan memnuhi kebutuhan pasar dengan udang berkualitas. Strategi W-T yaitu dengan kegiatan budidaya ramah lingkungan untuk menghindari pencemaran, penanganan pasca panen dan melakukan efisiensi biaya. Dengan demikian, perusahaan tambak udang PT. Alam Gemacitra Prima tetap melakukan efisiensi biaya untuk meningkatkan keuntungan dan menjaga kualitas udang agar tetap diterima oleh pasar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries201510201147;
dc.subjectEKONOMIS DAN PROSPEKen_US
dc.subjectUSAHA TAMBAK UDANGen_US
dc.titleEFISIENSI EKONOMIS DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA TAMBAK UDANG (Studi Kasus di PT. ALAM GEMACITRA PRIMA Kec. Arjasa Kab. Situbondo)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record