PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS VA SDN SUMBERSARI 01
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada
tanggal 23 September 2016 di SDN Sumbersari 01 Jember, dapat diketahui bahwa
proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga membuat
siswa merasa bosan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, terdapat
beberapa materi yang sulit diajarkan kepada siswa SD apabila guru hanya
menggunakan metode ceramah tanpa adanya bantuan media pembelajaran atau
bahkan praktek secara langsung. Proses kegiatan pembelajaran IPA di kelas hanya
sebatas pemberian materi yang disampaikan oleh guru dan siswa hanya
mendengarkan tanpa terlibat secara langsung dalam proses pembentukan
pengetahuannya. Hal tersebut menyebabkan keterampilan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 menjadi rendah. Berdasarkan data skor
hasil belajar ujian tengah semester, dapat diketahui sebanyak 17 siswa dari 36 siswa
mendapat nilai di bawah KKM, sedangkan siswa yang mendapat nilai lebih dari
dan sama dengan KKM sebanyak 19 siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
kelas VA pada mata pelajaran IPA pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis
tanah melalui penerapan model Problem Based Learning di SDN Sumbersari 01
Jember.