PENGARUH PENERAPAN MODEL REGRESIF MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DAN KESADARAN SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMAN KALISAT KELAS XI IPS SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran sejarah yang
masih menggunakan paradigma konvensional dan kurangnya peran model dan
media pembelajaran sejarah di sekolah mengakibatkan peserta didik menjadi
jenuh dan pasif dalam belajar sejarah. Hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil
belajar dan kesadaran sejarah peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh
penerapan model regresif menggunakan media power point terhadap hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran sejarah; (2) apakah ada pengaruh penerapan
model regresif menggunakan media power point terhadap kesadaran sejarah
peserta didik pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk
menganalisis pengaruh penerapan penggunaan model regresif menggunakan
media power point terhadap hasil belajar sejarah didik pada pembelajaran sejarah;
(2) untuk menganalisis pengaruh penerapan penggunaan model regresif
menggunakan media power point terhadap kesadaran sejarah peserta didik pada
pembelajaran sejarah.