PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN RITEL (RETAIL MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET INDOMARET DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan studi kasus pemasaran ritel pada salah satu pelaku ritel
besar di Indonesia. Penelitian berjudul Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Ritel
(Retail Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen
Pada Minimarket Indomaret di Kota Jember. Objek yang diteliti adalah konsumen
yang berbelanja di Indomaret kota Jember. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui pengaruh langsung variabel bauran pemasaran Ritel yang meliputi
produk, harga, promosi, layanan, fasilitas fisik terhadap keputusan pembelian
maupun pengaruh tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan
pembelian. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer
diambil dari jawaban responden yang mengisi kuisioner yaitu konsumen yang
berbelanja di Indomaret PB. Sudirman Kecamatan Patrang, Indomaret Letjen
Suprapto kecamatan Sumbersari, Indomaret Gajahmada Kecamatan Kaliwates
yang terpilih dan memenuhi kriteria sebagai responden. Sedangkan data sekunder
penelitian ini diperoleh dari penelitian sebelumnya, literatur yang berakaitan
dengan penelitian dan data dari perusahaan yang diteliti. Tehnik Pengambilan
sampel menggunakan stratified random sampling kemudian purposive sampling
dengan jumlah responden sebanyak 94 orang. Alat analisis yang digunakan adalah
Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa variabel
bauran pemasaran Ritel yang meliputi produk, harga, promosi, layanan, fasilitas
fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel bauran
pemasaran Ritel yang meliputi produk, harga, promosi, layanan, fasilitas fisik dan
keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.