Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember
Abstract
Perilaku mencuci tangan pada anak usia sekolah menunjukkan kualitas terendah.  Upaya
pencegahan untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan dengan terapi bermain SCL
(Snake,  Cards, and Ladders).  Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi
bermain SCL  (Snake,  Cards, and Ladders)  terhadap keterampilan mencuci tangan siswa
kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan desain preeksperimental
 dengan  pretest  posttest group.  Teknik pengambilan sampel  menggunakan
simple  random sampling dengan  44  responden.  Analisis  data  menggunakan  Wilcoxon
Signed  Rank  Test.  Keterampilan  mencuci  tangan  responden  setelah  terapi  bermain
menunjukkan 70,4% memiliki  keterampilan mencuci  tangan baik dan 29,6% mempunyai 
keterampilan mencuci  tangan cukup.  Hasil  menunjukkan nilai  p value  = 0.000.  Terdapat
pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci
tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Saran bagi sekolah untuk
menyediakan fasilitas mencuci tangan seperti sabun, kertas tissue, dan hand sanitizer untuk
meningkatkan  keterampilan  mencuci  tangan  siswa  kelas  I  dan  II  di  SDN Pakusari  II 
Kabupaten Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7429]
