Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember
Abstract
Perilaku mencuci tangan pada anak usia sekolah menunjukkan kualitas terendah. Upaya
pencegahan untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan dengan terapi bermain SCL
(Snake, Cards, and Ladders). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi
bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci tangan siswa
kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan desain preeksperimental
dengan pretest posttest group. Teknik pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling dengan 44 responden. Analisis data menggunakan Wilcoxon
Signed Rank Test. Keterampilan mencuci tangan responden setelah terapi bermain
menunjukkan 70,4% memiliki keterampilan mencuci tangan baik dan 29,6% mempunyai
keterampilan mencuci tangan cukup. Hasil menunjukkan nilai p value = 0.000. Terdapat
pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci
tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Saran bagi sekolah untuk
menyediakan fasilitas mencuci tangan seperti sabun, kertas tissue, dan hand sanitizer untuk
meningkatkan keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II
Kabupaten Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]