Show simple item record

dc.contributor.advisorSutarto
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorIRAWATI, RETNO
dc.date.accessioned2017-11-21T02:53:10Z
dc.date.available2017-11-21T02:53:10Z
dc.date.issued2017-11-21
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM. 140220104019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83308
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa. a. Model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) yang valid memiliki sintakmatik yang terdiri empat tahap yaitu questioning, organizing, doing, dan evaluating. Sistem sosial model QODE yaitu siswa mampu mengembangkan potensi, motivasi dan memiliki tanggung jawab, saling mengenal, sehingga dapat saling berdiskusi dan kerja sama baik. Prinsip reaksi model pembelajaran QODE yaitu siswa lebih terlibat aktif. Sistem pendukung model pembelajaran QODE yaitu LCD Proyektor untuk presentasi, serta alat dan bahan praktikum. Dampak instruksional model pembelajaran QODE yaitu siswa lebih siap menerima konsep sebelum masuk kelas. Dampak pengiring model pembelajaran QODE yaitu meningkatkan kemampuan menerima dan melaksanakan informasi, instruksi, kemampuan kerja sama antar siswa baik, siswa dapat obyektif dalam penilaian, kritik, kontrol, dan memberikan perbaikan sesama tema. b. Model pembelajaran QODE praktis untuk digunakan hal ini dapat dilihat dari penilaian dua observer dalam kegiatan pembelajaran yaitu 84% dan 93%. c. Model pembelajaran QODE efektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kategori sedang dan mampu meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan kategori baik pada siklus 1 dan kategori sangat baik pada kategori 2.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QODEen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record