PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa.
a. Model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating)
yang valid memiliki sintakmatik yang terdiri empat tahap yaitu questioning,
organizing, doing, dan evaluating. Sistem sosial model QODE yaitu siswa
mampu mengembangkan potensi, motivasi dan memiliki tanggung jawab, saling
mengenal, sehingga dapat saling berdiskusi dan kerja sama baik. Prinsip reaksi
model pembelajaran QODE yaitu siswa lebih terlibat aktif. Sistem pendukung
model pembelajaran QODE yaitu LCD Proyektor untuk presentasi, serta alat dan
bahan praktikum. Dampak instruksional model pembelajaran QODE yaitu siswa
lebih siap menerima konsep sebelum masuk kelas. Dampak pengiring model
pembelajaran QODE yaitu meningkatkan kemampuan menerima dan
melaksanakan informasi, instruksi, kemampuan kerja sama antar siswa baik,
siswa dapat obyektif dalam penilaian, kritik, kontrol, dan memberikan perbaikan
sesama tema.
b. Model pembelajaran QODE praktis untuk digunakan hal ini dapat dilihat dari
penilaian dua observer dalam kegiatan pembelajaran yaitu 84% dan 93%.
c. Model pembelajaran QODE efektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa
pada kategori sedang dan mampu meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan
kategori baik pada siklus 1 dan kategori sangat baik pada kategori 2.