Show simple item record

dc.contributor.authorNur Hidayah Tri Istifaroh
dc.date.accessioned2013-12-12T02:14:05Z
dc.date.available2013-12-12T02:14:05Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210201090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8326
dc.description.abstractTutor merupakan salah satu komponen manusiawi dalam suatu penyampaian materi yang mempunyai peran dalam usaha pembentukan SDM yang potensial dibidang pelatihan. Salah satu kelemahan mendasar yang terjadi dalam kegiatan proses pelatihan terletak pada interaksi antara tutor dan peserta pada saat pelatihan berlangsung. Dalam rangka ini tutor harus menguasai berbagai metode pembelajaran dalam suatu pelatihan dan memilih metode yang sesuai dengan tujuan kompetensi, tingkat keaktifan pesrta dan kondisi setempat. Metode yang digunakan dalam suatu pelatihan menggunakan metode demonstrasi, simulasi, diskusi. Penelitian ini diawali dengan suatu permasalahan, yaitu adakah pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil pelatihan otomotif mobil di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Jember tahun 2011. Peneltian yang jelas akan memberikan arahan dalam memecahkan masalah, sehingga peneliti dan pembaca memahami maksud dari tujuan yang dilaksanakan. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap pelatihan otomotif mobil di unit pelaksanana teknis pelatihan kerja jember tahun 2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan September 2011. Dengan rincian 2bulan persiapan penelitian, 2 bulan di lapangan, 1 bulan pembuatan laporan. Data penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 16 peserta pelatihan dengan menggunakan angket. Penentuan responden dilakukan dengan tekhnik purpusive sampling dengan kriteria tertentu. Menurut Nazir dalam penelitian ilmiah sebab dengan adanya analisis data tersebut akan memberikan arahan dan makna yang berguna dalam pemecahan masalah tersebut. Data penelitian diolah menggunakan analisis statistik korelasi tata jenjang karena kurang dari 30 responden. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa r kerja lebih besar dari pada r tabel, untuk N=16 dan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,506. Nilai r kerja yang dihasilkan sebesar 0,7279, pada tabel korelasi terletak antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan tingkat hubungan cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil pelatihan otomotif mobil di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Jember Tahun 2011, dengan tingkat hubungan cukup. Artinya, semakin baik metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pelatihan semakin baik pula hasil pencapaian yang diharapkan dalam pelatihan otmotif mobil. Sebaliknya jika penerapan metode pembeljaran yang diberikan kurang maksimal atau kurang tepat maka hasil yang dicapai dalam proses pelatihan akan kurang maksimal. Saran yang perlu dilakukan oleh instruktur sebaiknya menggunakan metode yang lebih dimengerti oleh para peserta dan sebaiknya instruktur lebih mendekatkan diri pada peserta pelatihan sehingga dapat terjalin komunikasi antara instruktur dengan peserta. Dan saran untuk UPT PK Jember sebaiknya lebih meningkatkan fasilitas yang lebih baik lagi bagi kelancaran serta keberhasilan pelatihan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201090;
dc.subjectPENGARUH METODE PEMBELAJARAN, OTOMOTIF MOBILen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL PELATIHAN OTOMOTIF MOBIL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA JEMBER TAHUN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record