PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL PELATIHAN OTOMOTIF MOBIL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA JEMBER TAHUN 2011
Abstract
Tutor merupakan salah satu komponen manusiawi dalam suatu penyampaian
materi yang mempunyai peran dalam usaha pembentukan SDM yang potensial
dibidang pelatihan. Salah satu kelemahan mendasar yang terjadi dalam kegiatan
proses pelatihan terletak pada interaksi antara tutor dan peserta pada saat pelatihan
berlangsung. Dalam rangka ini tutor harus menguasai berbagai metode pembelajaran
dalam suatu pelatihan dan memilih metode yang sesuai dengan tujuan kompetensi,
tingkat keaktifan pesrta dan kondisi setempat. Metode yang digunakan dalam suatu
pelatihan menggunakan metode demonstrasi, simulasi, diskusi.
Penelitian ini diawali dengan suatu permasalahan, yaitu adakah pengaruh
metode pembelajaran terhadap hasil pelatihan otomotif mobil di Unit Pelaksana
Teknis Pelatihan Jember tahun 2011. Peneltian yang jelas akan memberikan arahan
dalam memecahkan masalah, sehingga peneliti dan pembaca memahami maksud dari
tujuan yang dilaksanakan. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap pelatihan
otomotif mobil di unit pelaksanana teknis pelatihan kerja jember tahun 2011.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan September
2011. Dengan rincian 2bulan persiapan penelitian, 2 bulan di lapangan, 1 bulan
pembuatan laporan. Data penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 16
peserta pelatihan dengan menggunakan angket. Penentuan responden dilakukan
dengan tekhnik purpusive sampling dengan kriteria tertentu. Menurut Nazir
dalam penelitian ilmiah sebab dengan adanya analisis data tersebut akan memberikan
arahan dan makna yang berguna dalam pemecahan masalah tersebut. Data penelitian
diolah menggunakan analisis statistik korelasi tata jenjang karena kurang dari 30
responden.
Hasil analisis data menunjukkan, bahwa r kerja lebih besar dari pada r tabel,
untuk N=16 dan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,506. Nilai r kerja yang dihasilkan
sebesar 0,7279, pada tabel korelasi terletak antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan
tingkat hubungan cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Ada pengaruh
metode pembelajaran terhadap hasil pelatihan otomotif mobil di Unit Pelaksana
Teknis Pelatihan Jember Tahun 2011, dengan tingkat hubungan cukup. Artinya,
semakin baik metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pelatihan semakin
baik pula hasil pencapaian yang diharapkan dalam pelatihan otmotif mobil.
Sebaliknya jika penerapan metode pembeljaran yang diberikan kurang maksimal atau
kurang tepat maka hasil yang dicapai dalam proses pelatihan akan kurang maksimal.
Saran yang perlu dilakukan oleh instruktur sebaiknya menggunakan metode
yang lebih dimengerti oleh para peserta dan sebaiknya instruktur lebih mendekatkan
diri pada peserta pelatihan sehingga dapat terjalin komunikasi antara instruktur
dengan peserta. Dan saran untuk UPT PK Jember sebaiknya lebih meningkatkan
fasilitas yang lebih baik lagi bagi kelancaran serta keberhasilan pelatihan.