dc.description.abstract | Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan berkaitan dengan
strategi pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran konvensional, guru
terlalu mendominasi sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat
kurang. Siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, sesekali menjawab
pertanyaan, kemudian mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Penerapan
teknik permainan kejar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial
dan membantu siswa dalam memahami materi dengan berkelompok, sehingga
diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan
pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif
numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung
03 Jember?; (2) bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran
matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered
heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?;
(3) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika
menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together
pokok bahasan perkalian pada siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan pembelajaran
matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads
together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, (2)
meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar
melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian
siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif
numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung
03 Jember.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Jubung 03 Jember,
dengan jumlah siswa 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada penelitian ini
metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode tes,
metode wawancara dan metode dokumentasi.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 September 2011 sampai
dengan 7 Oktober 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa,
aktivitas guru dan skor tes individu, serta hasil observasi, hasil wawancara, hasil tes
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1). Penerapan
pembelajaran menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT pokok
bahasan operasi perkalian dapat memudahkan dan mempercepat siswa untuk
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian; 2). Pembelajaran
dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada analisis aktivitas belajar siswa dari
awal hingga akhir pembelajaran yaitu siklus I mencapai 64,9% dan pada siklus II
mencapai 75,9%. 3). Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada
siklus I secara klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 96,7%.
Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan hasil penelitian ini
hendaknya digunakan sebagai literatur atau alternatif dalam menyelesaikan persoalan
yang melibatkan perkalian supaya menjadi mudah dan cepat tanpa menggunakan
kalkulator, sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar, dan
sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama dan kreatifitas guru. | en_US |