Show simple item record

dc.contributor.authorWENI WAHYU AGGRAENI
dc.date.accessioned2013-12-12T02:05:03Z
dc.date.available2013-12-12T02:05:03Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204268
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8320
dc.description.abstractSalah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan berkaitan dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran konvensional, guru terlalu mendominasi sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, sesekali menjawab pertanyaan, kemudian mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Penerapan teknik permainan kejar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi dengan berkelompok, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?; (2) bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?; (3) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian pada siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Jubung 03 Jember, dengan jumlah siswa 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 September 2011 sampai dengan 7 Oktober 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes individu, serta hasil observasi, hasil wawancara, hasil tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1). Penerapan pembelajaran menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT pokok bahasan operasi perkalian dapat memudahkan dan mempercepat siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian; 2). Pembelajaran dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada analisis aktivitas belajar siswa dari awal hingga akhir pembelajaran yaitu siklus I mencapai 64,9% dan pada siklus II mencapai 75,9%. 3). Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I secara klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 96,7%. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai literatur atau alternatif dalam menyelesaikan persoalan yang melibatkan perkalian supaya menjadi mudah dan cepat tanpa menggunakan kalkulator, sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar, dan sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama dan kreatifitas guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204268;
dc.subjectTEKNIK KEJAR, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHERen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PERKALIAN DENGAN TEKNIK KEJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN JUBUNG 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record